NEWS
DETAILS
Senin, 08 Dec 2014 10:52 - Paguyuban Motor Honda Yogyakarta

Honda Bikers Day (HBD) kembali digelar sebagai acara gathering tahunan terakbar bagi klub dan komunitas pecinta sepeda motor Honda di Indonesia. Tahun ini, sekitar 10.000 bikers Honda berkumpul di Pantai Pandawa, Bali untuk mengikuti HBD 2014 sekaligus melakukan aksi peduli bersama terhadap kebudayaan dan lingkungan di Pulau Dewata.

Berlangsung pada 29-30 November, HBD 2014 diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dengan dukungan penuh dari Astra Motor Denpasar dan Honda Community Bali (HCB) dengan mengusung tema “Satu Hati Harmoni Indonesia”. Tema ini bertujuan menyatukan para bikers sepeda motor Honda yang datang dari seluruh penjuru nusantara dalam satu hati kebersamaan dan satu harmoni berbagi kepedulian bagi Indonesia.

Tahun ini, HBD memasuki tahun penyelenggaraan yang keenam, yang dimulai dari pelaksanaan pertama di Pangandaran (2009), Kiara Payung, Jatinangor, Sumedang (2010), Bromo, Pasuruan (2011), komplek Candi Prambanan, Yogyakarta (2012), Tanjum Tum, Banten (2013), dan tahun ini di Pantai Pandawa, Bali. HBD berhasil menjadi acara monumental yang menyatukan para bikers dari seluruh Indonesia dalam sebuah acara kebersamaan dengan beragam kontribusinya.

Paguyuban Motor Honda Yogyakarta dengan jumlah total peserta 70 orang juga hadir di Pantai Pandawa Bali untuk menyukseskan pergelaran ajang kumpul bikers Honda terbesar ini. Dengan keberangkatan rombongan yang terbagi menjadi beberapa kloter, termasuk mengalami beberapa kejadian lucu, unik, dan sedih selama di jalan, akhirnya rombongan PMHY tiba di Pantai Pandawa tepat pada hari Sabtu, 29 November 2014.

Rombongan terlebih dahulu menuju Pandawa Beach Homestay yang berjarak kurang lebih 1,5 Km dari area HBD Pantai Pandawa untuk beristirahat sebentar, membersihkan badan, dan meletakkan barang bawaan. Fasilitas ini disediakan khusus oleh Main Dealer HSO Astra Motor Yogyakarta melalui Divisi HC3 yang diwakili oleh mas Anton Saputro selaku PIC Community yang juga sudah menanti di Homestay begitu rombongan PMHY tiba. Hanya PMHY yang mendapatkan fasilitas penginapan dan istirahat yang termasuk mewah tapi ternyata murah meriah, dimana bikers peserta HBD yang lain banyak yang tidur di tenda yang sudah disediakan oleh panitia.

Secara simbolis dan dengan suasana hangat penuh persaudaraan, Paguyuban Motor Honda Yogyakarta juga memberikan piagam kenang-kenangan untuk HCB - Honda Community Bali yang diterima langsung oleh sist Quzzy selaku Ketua HCB. Penyerahan dilakukan di sela-sela kemeriahan acara Honda Bikers Day 2014, sebagai wujud apresiasi atas kesuksesan panitia dari rekan-rekan HCB dalam melaksanakan tugas yang berat menjadi panitia HBD 2014.

Hari kedua di Bali banyak dimanfaatkan oleh para bikers untuk berkeliling atau jalan-jalan menikmati suasana di Bali antara lain di Monumen Bom Bali, Kuta, Legian, Seminyak, Sanur, Ubud, Bedugul, Singaraja, Pura Tanah Lot Tabanan dan tak lupa membeli oleh-oleh di Joger, dimana area sekitar Joger dipenuhi oleh biker-biker yang hadir di HBD.

Setelah oleh-oleh terbeli dan puas berkeliling, rombongan PMHY kembali melakukan perjalanan pulang menuju Yogyakarta pada hari Senin, 1 Desember 2014. Meskipun tidak berbarengan karena ada beberapa yang masih ingin menikmati Bali, dan ada juga yang melanjutkan touringnya ke Lombok dan Sumbawa.

General Manager Honda Customer Care Center (HC3) Division AHM Istiyani Susriyati menyatakan bahwa HBD telah menjadi acara tahunan yang sangat dinanti anggota klub dan komunitas pecinta Honda di Indonesia. Hal ini mendorong AHM dan jaringannya untuk terus memberikan wadah kegiatan komunitas yang terbaik untuk bersatunya pecinta sepeda motor Honda dengan beragam aktifitas yang positif.

“Satu Hati Harmoni Indonesia yang menjadi tema HBD tahun ini terinspirasi dari besarnya semangat kebersamaan dan kesedian ribuan bikers untuk hadir di setiap tahun pelaksanaan HBD. Acara ini menjadi bentuk apresiasi AHM atas kesetiaan terhadap produk sepeda motor Honda dan kekompakan mereka dalam menggerakkan sesama pecinta sepeda motor Honda dalam satu wadah yang juga aktif melakukan beragam kegiatan yang positif bagi masyarakat”, ujarnya.

Dalam memberikan kemudahan dan informasi bagi klub dan komunitas pecinta sepeda motor Honda di seluruh Indonesia, AHM menyiapkan beberapa sarana seperti, pendaftaran online melalui website hbd.community.net yang telah dibuka pada 15 Oktober 2014.

Melalui sarana tersebut tercatat ribuan bikers yang tergabung dalam beberapa Paguyuban atau Asosiasi sepeda motor Honda akan menghadiri pagelaran HBD 2014, antara lain 319 bikers dari region Sumatera, 7.148 bikers dari region Jawa, 887bikers dari region Bali dan Nusa Tenggara, 129 bikers dari region Sulawesi, 17 bikers dari region Maluku dan Papua.

AHM juga menyediakan Posko HBD yang berfungsi sebagai sarana istirahat bikers yang telah melakukan perjalanan panjang untuk mengurangi tingat kelelahan dalam perjalanan. Posko tersebut didirikan disejumlah lokasi antara lain Lampung, Surabaya, Probolinggo dan Ketapang.

Selain sebagai media untuk saling bertukar pikiran tentang sepeda motor Honda dan aktifitas komunitas dari masing-masing daerah, HBD 2014 juga memiliki tujuan untuk berpartisipasi dalam pelestarian kebudayaan Indonesia. Dengan semangat pelestarian budaya tersebut, diadakanlah pagelaran raya Tari Kecak yang ditarikan bersama oleh penari asli Bali bersama ribuan bikers sepeda motor Honda.

Tari kecak yang menjadi ikon budaya khas Bali dihadirkan dalam HBD ini sebagai simbol kesadaran para bikers untuk saling menularkan semangat pelestarian kebudayaan baik bagi sesama bikers maupun bagi masyarakat sekitarnya. Pagelaran raya Tari Kecak ini juga dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Tari Kecak kontemporer bikers dengan jumlah penari terbanyak.

Semangat peduli terhadap kebudayaan juga tercermin dalam pemilihan acara hiburan dalam HBD 2014 kali ini. Para bikers dihibur oleh arak-arakan Gamelan Beleganjur yang merupakan alunan gamelan khas Bali yang ditabuh dalam tempo cepat untuk membangkitkan semangat para bikers.  Selain itu para bikers  juga dihibur dengan pertunjukkan Tari Pendet yang merupakan tarian selamat datang ala Bali untuk menyambut hangat kehadiran para bikers. Kemudian juga program sosial berupa pelestarian terumbu karang di Pantai Pandawa dan beberapa kegiatan menarik.



"Ada beberapa tambahan item acara dibandingkan HBD tahun-tahun sebelumnya. Sehingga kemeriahan dan keseruan acaranya semakin bertambah dari tahun ke tahun," tambah Ibu Isti
.

Gimana bro ? Seru kan ? Nah, Untuk penyelenggaraan Honda Bikers Day berikutnya di tahun 2015 adalah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Siap ngegas kesana bro ?!

[blackhopper]

Foto Gallery PMHY Tindak Sesarengan :

 

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK