NEWS
DETAILS
Minggu, 14 Dec 2014 17:57 - Paguyuban Motor Honda Yogyakarta

Karangasem – PT Astra Honda Motor kembali menunjukkan komitmennya dalam menyiapkan generasi muda Indonesia yang cerdas dan berdaya saing tinggi di industri otomotif. Kali ini, bekerja sama dengan main dealer untuk wilayah Bali, Astra Motor Denpasar, AHM meresmikan laboratorium otomotif SMKN 1 Manggis Karangasem, Bali sebagai sarana praktik implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda.

SMK Negeri 1 Manggis Karangasem menjadi sekolah kedua di Pulau Dewata yang mengimplementasikan KTSM Honda, setelah sebelumnya AHM telah melakukan penandatanganan MoU bersama dengan SMK PGRI 2 Badung. Hadir dalam penandatanganan MoU ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga Kabupaten Karangasem I Gede Ariyasa, Manajemen Astra Motor Denpasar, jajaran dewan guru SMK Negeri 1 Manggis Karangasem serta tokoh masyarakat di wilayah Kabupaten Karangasem.

Deputi Head of Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, perusahaan telah menyusun silabus khusus terkait keterampilan teknik sepeda motor bagi siswa SMK.  Silabus KTSM Honda ini dikembangkan dengan memadukan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi pelatihan teknik Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Untuk memaksimalkan implementasi KTSM Honda, perusahaan menentukan standar khusus bagi laboratorium tempat praktik siswa SMK KTSM Honda. AHM juga memberikan donasi unit sepeda motor dan peralatan khusus untuk mendukung siswa mempraktekkan ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya di dalam kelas terkait sepeda motor dan teknologi terkini Honda. Implementasi program KTSM Honda ini telah memasuki tahun kelima dan sudah tersebar luas dari Aceh sampai Papua dengan jumlah hampir 300 SMK. AHM berkomitmen terus menggulirkan program ini sebagai upaya nyata perusahaan dalam berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda Indonesia.

“Tahun depan kami harapkan jumlah SMK KTSM Honda ini bisa menjadi 500 SMK.  Dan kami nanti tidak hanya fokus pada kuantitas tapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi KTSM Honda dengan mengoptimalkan pelatihan teknik guru dan siswa dan meningkatkan status SMK KTSM Honda yang ada menjadi SMK Tempat Uji Kompetensi keterampilan teknik sepeda motor,” ujarnya sesaat setelah penandatangan MoU di Karangasem, Bali (28/11).

Untuk menjamin kualitas lulusan SMK KTSM Honda, secara periodik AHM menggelar pelatihan khusus kepada para guru SMK KTSM Honda dengan memberikan materi dan pengetahuan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di sepeda motor Honda. Bersama jaringan main dealer, AHM juga secara secara rutin mengadakan kontes teknik antar siswa SMK untuk menguji keterampilan mereka. Dengan upaya ini diharapkan setiap SMK KTSM Honda dapat melahirkan mekanik-mekanik muda yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi untuk memasuki dunia kerja.

Selain memiliki peluang bekerja di jaringan bengkel resmi Honda atau Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), alumni SMK KTSM Honda juga berpeluang untuk bekerja di pabrik AHM. Bahkan jika memiliki tekad dan keterampilan yang memadai, alumni SMK KTSM ini dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya untuk berwirausaha dengan membuka bengkel khusus yang akan dibina langsung oleh jaringan AHASS yang tersebar di hampir seluruh penjuru Tanah Air.

PR AHM [blackhopper]

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK